Rabu, 22 Juni 2016

berita investigasi makanan


lanjutan berita investigasi dan ini hanya contoh dari tugas

Makanan dengan Bahan Berbahaya disekitar UMSU

Saat ditanya-tanyai, pak budi menjelaskan dirinya kurang mengetahui saus yang berbahaya dengan yang tidak bahaya, pak budi juga menjalaskan dirinya sudah lama menggunakan saus harga 3.000 ribu rupiah berukuran sedang, sejak pertama berjualan pak budi sudah menggunakan saus ini “saya cumah ikut penjual yang lain menggunakan saus ini” sebut pak budi yang tidak mengetahui saus dengan pewarna kimia. Bila dilihat dipasaran 1 kilo cabai 100.000 ribu rupiah tidak sesuai dengan harga saus yang hanya 3.000 ribu rupiah.
***
Adanya zat-zat kimia berbahaya yang terkandung dalam makan, yang dijual oknum curang disekitar UMSU membuat resiko penyakit semakin besar. “hampir setiap hari saya membeli makan di UMSU, tapi saya hati-hati dalam memilih makanan karena saya tau banyak saus berbahaya yang mungkin mengandung cabai dan tomat busuk” ujar Suryadi Pratama mahasiswa jurusan jurnalistik semster lima saat ditemui dikampus UMSU (30/11). Dirinya menghindari makanan berbahaya karena kesehatan adalah kunci kehidupan.
            Suryadi sudah mengetahui saus berbahaya sejak lama, ia mengetaui dari berbagi media massa seperti telivisi, dan dirinya sering memberi tahu teman-teman yang lain agar tidak membeli makan sembarang perhatikan makanan yang akan dibeli, tetapi banyak dari mahasiswa/i yang masih tetap membelinya karena meresa tidak terjadi efek apa-apa saat ini,mereka seakan lupa dampaknya saat tua nanti, menghentikan oknum sangat sulit dilakukan mahasiswa/i hanya bisa diam dan tidak membeli jualannya.   

Hidup dan kesehatan saling berdampingan bila salah satunya tidak berimbang maka tidak akan sejalan, menurut ibu lolo salah satu penjaga kost yang tinggal disekitar UMSU dirinya agak sering membeli makanan didaerahnya karena makanan yang dijual enak dan beragam fariasi makanan berada disini, tetapi tidak mengetahui adanya oknum penjual curang disini, ibu lolo percaya makanan yang dijaul diumsu semua sehat, “bilsa saya mengetahui adanya penjual dengan zat-zat berbahaya kami selaku warag akan menegurnya” (1/12) tindakkan seprti ini sangat bagus agak oknum sadar dan tidak melakukan hal itu dengan sengaja.
***
“didalam makanan berbahaya biasanya yang ditemui adalah zat-zat kimia seperti yang sering ada dalam saus murah, Rdodamin-B pewarna yang dapat menyebabkan sakit kanker, keracunan paru-paru, penyakit hidung dan tenggorokan serta usus” menurut dokter putra yang membuka praktek didaerah pasundan (2/12). 
Banyak ditemui makanan yang mengandung pewarna tekstil, boraks, formalin dan lainnya yang dapat menyebabkan kanker dan bila oknum menggunakan zat pemanis seperti sakrin,aspaltam,dulsin, yang tidak dapat dicernah tubuh, bila oknum memakai zat pengawet agar tidak mengalami kerugian yang besar, seperti natrium benzoat, asam cuka, natrium propiorit yang bial sering dikonsumsi akan menyebabkan kanker. Agar rasa enak dan mantap biasanya oknum menambah MSG, aseta, amil valera dan lainnya yang dapat menyebabkan diabetas.
Bakan-bakan makan yang mengandung zat-zat berbahaya seperti ini bila sering dikonsumsi akan menyebabkan banyak penyakit lain. Bukankah mengkonsumsi yang belebih-lebiahan tidak baik, lebih baik mencegah dari pada mengobati sebelum terlambat. Kesehatan penting bagi mahasiswa/i karena efek yang ditimbulkan tidak terjadi hari ini tetapi besok,lusa dan tahun yang akan datang.  
Untuk membedakan makan berbahaya dan tidak berbahaya ibu yanti selaku guru tata boga disalah satu Sekolah Menengah  Kejuruan menjelaskan “cara membedakan makanan berbahaya dengan tidak mudah saja dari tekstur, biasanya yang menggunakan formalin atau boraks lebih keras saat diteman dan tidak lembut , dari segi warna biasanya lebih mencolok dan dari segi aroma lebih wangi, tidak tercium aroma rempah-rempah. (2/12)
Menghindari makanan berbahaya dengan membawa makanan dari rumah yang dimasak ibu atau orang rumah yang dijamin kehijenisannya, makan pagi atau siang dirumah sebelum pergi kuliah, melihat dengan jeli makanan yang akan dibeli dan tiak lupa berdoa sebelum memakan apapun agar terhindar dari segala penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume Jurnal