Rabu, 22 Juni 2016

Manajemen Krisis

manajemen krisis dalam mata kuliah manajemen public relations

membuat salah satu perusahaan dan bagaiman masalah yang timbul.





1.      Nama perusahaan     : PT. Anda Senang Kami Beri

2.      Visi dan misi

Visi : menjadi perusahaan pilihan utama bagi masyarakat yang tepat,nyaman dan     terjangkau.

Misi : 

-          Memberikan yang terbaik untuk masyarakat

-          Mengantar anda sampai tempat tujuan

-          Pelayanan yang nyaman, tepat dan cepat

 

3.      Alamat perusahaan   : Jl. Al-Falah 6 No. 18 Glugur Darat 1 Medan Timur

4.      Lokasi perusahaan    : - Medan (Jl. Ampera 3 No. 3 Glugur Darat 1 Medan)                                    -  Binjai (Jl. Megawati No 5 Binjai Timur)

5.      Aktivitas        

PT. Anda Senang Kami Beri telah menujukan eksistensinya dengan baik, berdiri sejak 2013, PT menjadi perusahaan dengan jumlah 1 dan memiliki karyawan 70 yang berkualitas dan telah dilakukan seleksi dan setiap karyawan telah mendapatkan pelatiahan sebelum menjalan becak online, perusahaan ini bergerak dibidang jasa terutama transpotasi becak yang berada khusus di daerah Medan-Binjai. Becak online hadir karena akibat dari maraknya pemakaian gadget, sehingga PT. Anda Senang Kami Beri memanfaatkan momen ini untuk peluang usaha. Karena prospek kedepannya akan lebih menguntung mengingat bahwa konsumen gadget semakin bertambah dari hari-kehari.

6.      Permasalahan           

            Hadirnya becak online karena keinginan masyarakat ytang semakin praktis dan efisien untuk sampai ditempat tujuan. membuat beberapa masyarakat tidak mengetahuinya bagaimana cara pemesanannya, beberapa masyarakat Medan yang berusia muda mungkin sudah tidak asing lagi dengan munculnya becak online yang lebih efektif dan efesien, kurang pengetahuan tentang gadget dan kurangnya pengetahuan tentang cara memakai aplikasi becol (becak online) menjadi salah satu masalah, dan yang menjadi masalah selanjutnya adalah tarif yang dianggap mahasiswa agak mahal dan tidak bisa ditawar seperti becak biasa, karena becak online biasanya sudah ditentung tarifnya sesuai kententuan perusahaan, sedangkan kebanyakan yang penumpang becak online pelajar dan mahasiswa yang malas menunggu becak biasa yang terkadang lewat agak lama dan tidak ada didalam tempat tinggal, becak biasa hanya ada dijalan raya Medan-Binjai.

 

 

7.      Pemecahan Masalah :

           Dari masalah diatas dapat dikatagorikan sebagai krisis bersifat segara (immediate crises). Tipe krisis yang paling ditakuti karena terjadi tiba-tiba, tidak terduga dan tidak diharapakan. Tidak ada waktu untuk melakukan riset dan perencanaan.

Tindakan :

1.      Humas perusahaan mengenalkan perusahaan jasa berupa traspotasi becol (becak online)  kepada masyarakat, diacara bazar dan semacamnya, dengan membuka stan becol (becak online), seperti bazar yang ada dilapang merdeka kota medan .

2.      Memberikan diskon kepada pelajar dan mahasiswa juga masyarakat lain dengan menunjukan KTP,KTM atau kartu tanda pelajar kepada pembawa becol (becak online) dan pembawa becol (becak online)kan mendiskon penumpang sesuai usia misalnya mahasiswa umur 20 tahun akan diskon 20%.

3.      Menjalinkan hubungan atau melakukan kontak dengan media massa untuk mempromosikan becol.

4.      Merencakan dan memberi tahu bagaimana penggunaan aplikasi dihandpone kepada masyarakat.

5.      Melakukan promosi yang lebih intensif guna menyakinkan konsumen atas bekol yang lebih efektif dan efesien.

 

            Stategi komunikasi yang dilakuan Becol (becak online) terdiri atas komponen strategi yang meliputi strategi terhadap khalyak, strategi pesan dan strategi media dengan rincian sebagai berikut :

1.      Strategi khalayak : konsumen,staf dan karyawan,wartawan dan pers.

 

2.      Strategi pesan : melakukan upaya intensif mengumpulkan fakta mengenai kesulitan masyarakat dalam pemesanan becol di wilayah medan dan kerja sama dengan media massa, meyakinkan berbagai pihak melalui pesan yang sebarkan bahwa perusahaan akan memberitahu cara menggunakan aplikasi becol dan memberikan diskon.

 

 

3.      Starategi media : kerja sama dan terus terang dengan media massa untuk menyampaikan promosi dan memberi diskon. Memangil wartawan dan media massa untuk mengumumkan rencana perusahaan. Menunjuk satu juru bicara sehinnga seluruh informasi hanya bersumber dari satu orang.

 

 

Kesimpulan

Dari masalah manajemen krisis diatas disalah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa, humas harus cepat menyelesaikan masalah dan menyatakan solusinya kepada salah satu masalah, dan bertindak langsung kelapangan untuk membangun citra perusahaan, agar citra perusahaan yang sudah baik dimasyarakat tidak jatuh karena adanya suatu permasalah yang dapat merugikan perusahaan, dari kasus diatas Humas sudah bertidak baik dalam menagani manajemen krisis, dan dengan begitu citra perusahaan akan baik kembali dan sesuai dengan tujuan Humas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume Jurnal