Rabu, 22 Juni 2016

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)



Topik nya adalah Indonsesia menyongsong MEA akhir 2015. Negara-negara ASEAN tak lama lagi akan mulai babak baru ditetapkan ASEAN Economic Community 2016. Menurut kamu sudah siapakah kita Negara Indonesia menyongsong MEA 2016 ?


Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui mengenai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Didalam MEA akan terjadi pasar bebas dimana barang, jasa dan tenaga kerja dari luar negeri  dapat masuk  secara mudah ke Indonesia. Tetapi sangat disayangkan beberapa masyarakat Indonesia belum mengetahui MEA. Bahkan mereka sangat asing mendengar kata MEA. Kurang pengetahuan masyarakat mengenai MEA membuat saya berpendapat Indonesia belum siap menyosong MEA. Didasari pada pengetahuan masyarakat sendirinya yang belum mengetahui apa itu MEA. Kurangnya pemberitahuan dari pemerintah mengenai akan adanya hal tersebut. Seakan-akan sebagian masyarakat tidak peduli dan tidak ada kekhawatiran tentang persaingan yang ada didepan mata.
Seharusnya masyarakat Indonesia harus mempersiapakan diri untuk menghadapi MEA bukannya malah bersantai. Merasa nyaman pada posisi yang dianggap selalu diatas. Masyarakat harus menjadikan MEA sebagai penyakit yang harus dicari obatnya. Didalam MEA kita akan menemukan barang dan jasa dari Asia tenggara yang bisa masuk langsung keIndonesia. Tidak hanya itu tenaga kerja seperti dokter, wartawan, manager dan lainnya bisa diterima langsung bekerja di suatu perusahaan. Bila kita telaah lagi berarti orang asing seperti singapur, malaysia, dan lainnya dapat bekerja sebagai profesional di Indonesia. Sebelum adanya MEA masyarakat Indonesia lebih diutamakan menduduki profesi-profesi tersebut. Setelah adanya MEA masyarakat asing dapat dengan mudah menduduki profesi-profesi tersebut.
Kita sadari bahwa pengetahuan masyarakat indonesia masih sangat minim. Bisa dilihat dari lingkungkan sekitar kita masih banyak masyarakat yang tidak mengeyam pendidikan. Sedangkan kita tahu bahwa masyarakat yang akan masuk keIndonesia adalah masyarakat-masyarakat yang memiliki keunggulan dibidang masing-masing. Sehingga saya beranggapan bahwa masyarakat Indonesia belum siap menyongsong MEA 2016. Bila masyarakat ingin siap menyongsong MEA 2016 mulai saat ini kita harus menyiapkan diri mulai dari hal kecil seperti mempelajari bahasa ingris. Menggalih kembali kemampuan kita dan tidak pernah berhenti berlatih. Tidak lupa haus akan ilmu, bila seseorang haus akan ilmu dia akan terus ingin belajar. Pemerintah harusnya lebih ngencar memberitakan MEA diberbagai media dan melakukan tindakan-tindakan yang dapat membuat hal-hal negatif yang tidak diinginkan menjadi nyata. Melakukan pelatihan dan mendukung produk-produk Indonesia dapat dilakukan salah satunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume Jurnal