Jumat, 15 April 2016

Teknik Kampanye dan Teknik Propaganda


pelajaran dalam opini publik 
contoh:

Teknik Kampanye
Terdapat 7 teknik kampanye yang sering dilakukan dalam kegiatan Public Relatins, yaitu:
1.      Teknik Partisipasi.
2.      Teknik Asosiasi.
3.      Teknik Integratif.
4.      Teknik Ganjaran.
5.      Teknik Penataan Patung ES.
6.      Teknik Empati.
7.      Teknik Koersi
            Kali ini penulis akan membahas mengenai teknik koersi yaitu teknik paksaan, dalam melakukan kampanye. Dapat menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran komunikan yang tidak mau tunduk/ikut terhadap ancaman yang disampaikan komunikator. Jelas dikatakan bahwa teknik koersi adalah ancaman yang dilakukan agar komunikan menuruti apa yang diinginkan.
Contoh kasus :
Seperti yang sering ada di masyarakat bahaya narkoba yang menakutkan bagi masyarakat. Badan Narkotika Nasional (BNN) mengajak media massa turut mengedukasi soal bahayanya dan pencegahan narkoba bagi kehidupan masyarakat.
Dari kasus diatas jelas BNN melakukan kampanye terhadap bahaya narkotika. Humas BNN melakukan kampanye dengan teknik koersi yaitu paksaan. BNN melakukan sosialisasi kesekolah-sekolah yang ada di Medan. Salah satunya melakukan sosialisasi ke sekolah menengah pertama. Dengan mengumpulkan siswa-siswi disuatu ruangan dan menjelaskan bahaya narkotika. Biasanya BNN mengatakan narkotika tidak boleh dikonsumsi karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya, kematian, dan kehilangan akal sehat. Maka komunikator yang mendengarkan pesan akan takut.
Tidak hanya itu BNN telah banyak melakukan kampanye bahaya narkotika seperti yang dilakukan di lapangan terbuka, memasang iklan diberbagai media massa dan melakukan kegiatan positif untuk genari muda. Saat melakukan kegiatan BNN tidak lupa menyapaikan pesan bahaya narkotika. Kampanye BNN sangat jelas digunakan Teknik Koersi karena mereka ingin ketakutan pada komunikator agar tidak mengkonsumsi narkotika.
Teknik koersi bisa berhasil apabila komunikasi yang digunakan benar dan melakukan penyusunan pesan dengan baik. Teknik kampanye seperti ini banyak dilakukan pemerintahan karena dianggap efektif. Tetapi tidak semua kampanye bisa dilakukan dengan teknik seperti ini ada teknik lainnya yang bisa digunakan dalam konsi tertentu.
Teknik Propaganda
Terdapat 5 teknik propaganda sering dilakukan dalam kegiatan kampanye yaitu:
1.      Teknik The Name Calling Device.
2.      Teknik Transfer Device.
3.      Teknik Testimoni Device.
4.      Teknik Card Stakin Device.
5.      Teknik bandwagon Device.
Dalam 5 teknik propaganda penulis akan membahas Teknik Transfer Device yaitu diperlukan dukungan dari tokoh berpengaruh, public figure, lembaga yang memiliki otoritas seperti lembaga pendidikan, militer atau lembaga lain yang memiliki prestise. Jelas dikatakan bahwa  Teknik Transfer Device adalah teknik propaganda dengan memanfaatkan tokoh-tokoh yang dianggap benar oleh masyarakat dan dapat mempengaruhi pemikiran masyarakat.
Contoh kasus :
Dalam pemilihan calon president 2014 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Kita tahu bahwa kasus ini sangat menarik karena banyak media massa yang setiap harinya menampilkan sosok calon president. Dikarenakan calon ini banyak di dukung oleh tokoh berpengaruh.
Salah satunya pada pemilu tahun lalu tokoh Hary Tanoesoedibio CEO MNC Group. Yang dikenal masyarakat lewat televisi. Dirinya mendukung calon presiden  Prabowo – Hatta, diliat dari iklan dukungan Hary yang menyepainkan pesan bahwa dirinya mendukung calon ini untuk  Indonesia bangkit. Iklan ini sangat sering muncul di RCTI, MNC dan Glogal Tv.
Tokoh berikutnya adalah Surya Darma Ali yang sebagai menteri agama pada saat itu. Sebagai menteri agama yang mengurusi tentang agama terutama Islam. Tentu masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam mengenal sosoknya. Surya Darma Ali pada saat itu mendukung Prabowo – Hatta.
Masih banyak lagi tokoh-tokoh yang terkenal dan dikagumi banyak masyarakat seperti  Ahmad Dhani, Abu Rizal Bakrie, Rhoma Irama dan lainya. Mereka adalah tokoh berpengaruh yang mendukung Prabowo – Hatta. Didalam kampanye tahun 2014 Prabowo – Hatta menggunakan salah satu teknik propaganda Transfer Device. Untuk memanfaatkan tokoh-tokoh terkenal agar mereka dipilih oleh masyarakat dan menang dalam pemilihan president.
Teknik propaganda seperti ini memang banyak dilakukan oleh tokoh-tokoh sebelumnya dan terbukti efektif. Tetapi masyarakat Indonesia seakan-akan sudah jenuh dengan teknik yang sama dan mereka tidak percaya lagi sehingga Prabowo – Hatta kalah.
Teknik ini masih banyak digunakan tetapi dengan penyampain pesan yang lebih kreatif. Dibuat humas yang sudah mahir dalam propaganda.

Kamis, 14 April 2016

INVESTIGASI BERITA

CONTOH INVESTIGASI BERITA YANG DIPELAJARI



Topik               : Makanan yang berbahaya
Thema             : Penjual Makanan dengan bahan berbahaya disekitar UMSU
Acuan             : Jumlah kemisikinan yang mencapai 4,2 juta jiwa membuat segala cara dihalalkan, peganguran yang hampir merata diseluruh indonesia, dan PBB yang menetapkan masyarakat yang mecapai penghasilan kurang dari 2 dolar dalam sehari dikatakan miskin. Ekonomi yang semakin sulit tingginya harga barang-barang pokok dan angka kelahiran diInsonesia yang masih tinggi, tidak sesuainya harga barang pokok dengan angka kelahiran membuat semua oknum menjadikan ini alasan.
Salah satu dengan berjualan atau membuka usaha makanan, yang dianggap penting untuk hidup, usaha menjual makanan adalah peluang usaha yang banyak ditekuni masyarakat disekitar UMSU(universitas Muhammadiyah Sumatera Utara), kerana makan untuk hidup tetapi hidup bukan untuk makan, selain mudah dan konsumennya banyak, keuntungan yang dihasilkan mencukupi kehidupan sehari-hari.
Beberapa fakta yang kami liat banyak pedagang yang menggunakan bahan- bahan berbahaya seperti saus yang mengandung rdodamin-B, tidak adanya kebijakan dari badan pengawas makanan, membuat mahasiswa sulit membedakan mana makan berbahaya dan tidak berbahaya, beberapa mahasiswa UMSU percaya penjual makanan disekitar UMSU jujur,  adanya oknum sungguh meresahkan bagi mahasiswa UMSU dan masyarakat disekitar UMSU bahkan Dosen UMSU.
Tidak semua makanan yang dijual disekitar UMSU baik untuk tubuh, banyak makanan yang menyebabkan penyakit yang mungkin tidak dirasakan saat ini tetapi nanti setelah tua. Itu semua disebabkan kerana ada beberapa bahan yang dicampurkan pada makanan berbahahaya seperti pengawet, pemanis, pewarna, perasa dan lainnya.
Berdasarkan fakta-fakta yang ada, perlu dilakukan investigasi makanan apa saja yang berbahaya disekitar UMSU, zat-zat apa saja yang terkandung dalam makanan, bagaimana dampaknya bagi tubuh, masih adakan pedagang makanan yang jujur disekitar UMSU, bagaiman cara mahasiswa membedakan makanan yang berbahaya dan tidak berbahaya, yang selama ini dilihat dengan kasat mata semua makanan itu baik untuk tubuh.


Nara sumber    :
Adapun nara sumber yang dibutuhkan untuk liputan investigasi tersebut adalah: (1). Pengamat Makanan (Chef) (2). Dokter (3). Penjual (4). Mahasiswa (5). masyarakat
Pertanyaan      :
1.   Bagaimana membedakan makanan yang mengadung bahan berbahaya dengan yang tidak berbahaya, apa solusi menghidari makanan berbahaya?
2.    Zat-zat berbahaya apa saja yang terdapat pada makanan, apa yang ditimbulkan dari zat tersebut, bagaimana dampaknya bila mahsiswa terus-terusan mengkonsumsinya
3.   Makanan apa yang dijual, apakah penjual mengunakan saus yang sesuai, sudah berapa lama penjual mengunakan saus itu, taukan penjual adanya saus berbahaya.
4.   Seberapa sering mahasiswa membeli makanan disekitar UMSU, apakah mahasiswa mengetahui bahan berbahaya dalam makanan seperti saus yang mengandung pewarna tekstil ?, bagaimana tindakan mahasiswa setelah mengetahui makanan berbahaya, pentingkah kesehatan bagi mahasiswa.
5.    Seberapa sering masyarakat membeli makanan disekitar UMSU, taukah masyarakat adanya oknum curang disekitar lingkungannya, tindakan apa yang dilakukan masyarakat bila terbukti adanya oknum.
Tim                  : Team liputan investigasi terkait makanan berbahaya  ini dilakukan wartawan yang sudah dibekali pertanyaan. Dibantu wartawan foto, karena foto dibutuhankan untuk menguatkan data dalam pemberitaan ketika disajikan kepada publik. Koordinasi tim yang turun untuk investigasi liputan ini dilakukan redaktur terkait.
Lama Liputan :
Adapun lama liputan yang digunakan untuk melakukan liputan investigasi makanan berbahaya selama 1 minggu.
Anggaran        :
Anggaran yang dibutuhakan selama liputan investigasi sebanyak 4 orang adalah 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Rincian, makan selama tiga hari dan biaya transportasi lainnya. 

MEDAN, 25 NOVEMBER 2015
Listiyana Syafitri Daulay

Rabu, 02 Maret 2016

Tujuan Public Relations pada mata kuliah dan buku Public Relations Writing Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Koporat



Menurut John E Marston, Public Relations adalah kegiatan komunikasi persuasif dan terencana yang didesain untuk memengaruhi publik yang signifikan. Sedangkan menurut Cutlip, Center dan Broom, Public Relations adalah Fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan oragnisasi tersebut.
            Menurut pemahaman saya berdasarkan kedua pakar tersebut, public relations adalah kegiatan komunikasi persuasif dan terencana untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik, antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. Dapat di garis besar bahwa publik relations adalah kegiatan komunikasi. Dalam kegiatan publik relations jelas menginginkan umpan balik.
Dari penjelasan kedua pakar dapat di tarik point – point penting bahwa public relations, terdapat komunikasi persuasi, tercencana, didesain, publik, signifikan, manajamen, membangun, mempertahankan, hubungan baik, berpengaruh pada organisasi. Public relations atau sering di sebut PR memiliki ciri – ciri mempunyai kepentingan yang sama, mempunyai isu atau objek tertentu. Di dalam ciri – ciri public relations terdapat stakeholder, baik secraa internal relations dan eksternal relations.
Tujuan public relations adalah fungsi manajemen dalam melaksanakan kegiatan komunikasi, maka pada dasarnya tujuan public relations adalah tujuan komunikasi. Tujuan tersebut diimplementasikan ke dalam program – program public relations. Agar program tersebut berjalan dengan baik salah satunya agar mendapat publisitas media maka perlu didukung oleh media PR, antara lain press release , web site, company profile, dan produk – produk tulisan lainnya.
  Dalam public relations dalam buku rachmat kriyantono terdapat 5 tujuan public relations. Pertama menciptakan pemahaman antara perusahaan dan publiknya melalui informasi yang baik bisa menggunkan media massa. Public relations harus menggunakan pertanyan – pertanyaan 5W+1H untuk perusahaan dan untuk publik sasaranya. Public relations harus pandai mengatur hubungan yang baik antar atasan dan bawahan.
Kedua membangun citra korporat (corporate image). Seorang public relations harus mampu membuat citra positif perusahaan. Public relations harus mampu membuat penilaian yang baik untuk publik terhadap perusahaan dimana ia berkerja. Tetapi citra perusahan bukan hanya dilakukan seorang public relations sendiri tetapi semua bagian perusahaan. Citra korporat dengan kata lain citra keseluruhan perusahaan. Citra perusahaan meliputi nama, logo, karyawan, iklan, tampilan, identitas dan seluruhnya mengenai perusahaan .
Ketiga citra korporat melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) tanggung jawab sosial perusahaan. CSR adalah bentuk kepedulian sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar. CSR ini sudah ada di atur dalam undang – undang. Kegitan CSR biasa mengharapan umpan balik dimana perusahaan memberi bantuan secara ekonomi dan sosial, akan membuat citra korporat yang baik bagi perusahaan. 
Keempat membentuk opini publik yang favourable. Sikap publik terhadap perusahaan bila diekspresikan disebut opini publik. Opini publik ini merupakan ekspresi publik mengenai persepsi dan sikap terhadap perusahaan. Seorang public relations harus pandai menjaga opini yang mendukung, meciptakan dan menetralkan opini yang kurang baik. Seorang public relations harus mampu membuat opini baik perusahaan bagi publik.
Kelima membentuk goodwill dan kerjasama. Public relations harus mampu menjalin kerja sama dalam bentuk perilaku tertentu yang mendukung keberhasilan perusahaan. Goodwill dan kerja sama dapat terwujud karena ada inisiatif yang dilakukanb berulang – ulang oleh public relations perusahaan untuk menanamakan saling pengertian dan kepercayaan kepada publiknya. Menciptakan kerja sama berarti membantu perusahaan dan publik untuk saling beradaptasi satu sama lain.
            Sedangkan berdasarkan penjelasan pertemuan kedua minggu yang lalu terdapat beberapa tujuan public relations. Satu membangun citra baik perusahaan,  memberikan informasi kedapa publik, mengubah anggapan baik terhadap perusahaan, membangun dan mempertahankan aksi baik organisasi dan publik, membuat publik tertarik kepada perusahaan atau organisasi.
            Dari pertemuan kedua minggu yang lalu dapat ditari kesimpulan public relations dituntut membuat sebuah perencanaan yang spesifik, objektif, rasional, serta tertulis sehingga dapat menjadi sebuah program. Public relations sebagai fungsi manajemen sangat menentukan kelangsungan pelaksanaan program perusahaan tempat dia bekerja yang dilakukan dengan kesadaran akan kewajiban pelaksanaannya.
            Sedangkan kesimpuan berdasarkan tujuan public relations diatas keseluruhan sama. Yaitu sama – sama mempengaruhi publik dengan cara tertentu, dengan teknik dan susunan komunikasi yang tepat. Sehingga apa yang diinginkan public relations dapat terwujud dan tujuan – tujuan penting public relations sesuai apa yang diinginkan. Public relations harus mengusai komunikasi yang baik sehingga publik dan perusahaan atau organisasi percaya dan tertarik kepada calon public relationsnya.

Sabtu, 06 Februari 2016

Pengalaman Pertama

Pengalaman pertama ke ari  yang makan waktu lebih kurang 4 jam. Ngelewatin jalan raya yang jauh menuju air terus. Sampai ke lokasi harus jalan sekitar 4 jam. selamat 4 jam banyak yang kami lewati dari kebun- kebun penduduk, kelapa sawit, sungai, tangga dari kayu yang lurus 90 derajat  punya anak tangga yang banyak, kolam abadi dan tujuan utamanya air terjun tongkat. Biasanya mau ke air terus ngga harus ngabisin waktu segitu lamanya tapi kali ini beda. capeknya pake banget dan kali, harus pulang malam karena berangkat kesiangan. Tapi semuanya terbayar karena keindahan alam terimakasih ya Allah kau menciptakan ini dengan sempurna. 



 
yang satu kedinginan yang satu matanya perih




 




cewe cewe tangguh

ngelewatin tangga yang bener bener lurus dan tinggi


Resume Jurnal